fbpx
Apakah boleh aqiqah dengan domba betina?

Apakah boleh aqiqah dengan domba betina?

Sobat Aqiqah…

Aqiqah dengan domba betina boleh, tidak masalah sama sekali, baik untuk aqiqah dan qurban ..

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu Anhu:

حَجَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَحَرْنَا الْبَعِيرَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

“Kami haji bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kami berkurban dengan Unta untuk tujuh orang, dan Sapi betina (Al Baqarah) untuk tujuh orang.” (HR. Muslim)

Ulama menjelaskan:

لا يشترط في الشاتين في العقيقة أن تكون بذكر، بل تجزئ الأنثى لما روت أم كرز عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: عن الغلام شاتان، وعن الجارية شاة، لا يضركم ذكرانا كن أو إناثاً. رواه أبو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه وغيرهم، قال النووي وهو حديث حسن. وقال: وسواء الذكر والأنثى من جميع ذلك -أي الأنعام- ولا خلاف في شيء من هذا عندنا

Tidak disyaratkan mesti kambing jantan dalam aqiqah, betina juga sah. Diriwayatkan oleh Ummu Kurzin dari Nabi Shallallahu’Alaihi wa Sallam;

Bayi laki-laki 2 kambing, bayi perempuan 1 kambing, tidak masalah kambing jantan dan betina. (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan lainnnya. Imam An Nawawi mengatakan: Hasan)

Beliau berkata: “Sama saja baik jantan dan betina, semuanya adalah hewan ternak, dan bagi kami tidak ada perselisihan pendapat dalam hal ini.” (Selesai)

Syarat lainnya mesti sama menurut jumhur, cukup umur (Kambing : 1 tahun, Domba : 6 bulan) dan sehat.

Wallahu a’lam..

Jasa Catering

Jasa Catering

Hai Sobat Aqiqah..
Biasanya pada saat acara syukuran aqiqah, kita sebagai yang punya hajat terkadang juga ingin memberikan pelayanan makan-makannya secara prasmanan.. Semua orang bebas mengambil makanan yang diinginkannya saja..
Untuk itu kami juga memberikan jasa catering untuk prasmanan dan nasi box nya…
silakan kunjungi website kami berikut ini…
https://www.cateringbandung.co.id

Pesan Domba Kondisi Mentah

Pesan Domba Kondisi Mentah

Sobat Aqiqah…

Pemesanan domba di Aqiqah Ummul Quro bisa dalam bentuk matang (sudah dimasak) atau dalam bentuk mentah (sudah disembelih & dibersihkan) atau juga dalam kondisi domba hidup (khusus pemesanan domba hidup hanya bisa dilakukan di kandang).

Untuk pemesanan domba dalam kondisi mentah, pesanan akan dikirimkan dalam satu bungkusan besar yang berisi karkas (tulang & daging), jeroan, kulit, serta kepala & kaki. Jadi apabila sobat aqiqah ingin membagikan aqiqah dalam bentuk mentah, harus membungkus sendiri kedalam bungkusan-bungkusan kecil untuk dibagikan.

Jika sobat aqiqah tidak mau repot dengan pekerjaan membungkus ini, kami bisa membungkuskannya untuk sobat aqiqah dengan biaya tambahan kisaran 25ribu – 50ribu rupiah.

Hasil bungkusannya adalah Type A : 25 bungkus, B : 30 bungkus, C : 35 bungkus, Istimewa 1 : 40 bungkus, Istimewa 2 : 50 bungkus, dengan berat per bungkus sekitar 200-250 gram.

Jadi, tunggu apa lagi? Sobat aqiqah bisa langsung menghubungi kami di Telephone / SMS / WA : 082119678753 / 081322006145 – BBM : 74A15D85 / 7DD4FE1B – Fax: 022-7302541

Kelahiran Anak dan Aqiqah

Kelahiran Anak dan Aqiqah

Hari Pertama Kelahiran

Ada beberapa hal yang disyariatkan di hari pertama kelahiran anak:
[1]. Tidak boleh merasa sedih karena mendapat anak perempuan. Di antara kebiasaan masyarakat musyrikin jahiliyah adalah bersedih dan marah ketika mendapat anak perempuan. Allah mencela mereka melalui firman-Nya,
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُ مْ بِالْأُنْثَى ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ
“Apabila seseorang dari mereka (musyrikin jahiliyah) diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah wajahnya dan dia sangat marah.”
[2]. Bersyukur atas nikmat Allah
Anak termasuk nikmat Allah. Allah berfirman, yang artinya: “Harta dan anak adalah berhiasan kehidupan dunia.” (QS. Al Kahfi: 46). Oleh karena itu, apapun keadaannya wajib disyukuri. Allah telah berjanji akan menambahkan nikmatnya. Allah berfirman, yang artinya, “Jika kamu bersyukur maka sungguh kami akan menambahkan nikmat untuk kalian.” (QS. Ibrahim: 7).
Bertambahnya nikmat ini bermacam-macam. Bentuknya bisa berupa ketaatan anak pada orang tua, pengabdian anak, keberkahan bagi keluarga, dan nikmat lainnya.
[3]. Adzan di Telinga Bayi
Terdapat sebuah hadits dari Ibn Abbas radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adzan di telinga kanan Hasan bin Ali di hari ketika dia dilahirkan, dan iqamah di telinga kanannya. (HR. Al Baihaqi). Namun, hadits ini adalah hadits yang lemah, karena itu tidak boleh dijadikan dalil.
Kesimpulannya, tidak disyariatkan mengumandangkan adzan di telinga bayi ketika baru dilahirkan.
[4]. Tahnik
Tahnik adalah menyuapi bayi dengan kurma yang sudah dilumatkan.Dianjurkan untuk mentahnik bayi di hari kelahirannya, dalilnya: Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Nabi memberi nama bayiku Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Dari Abu Thalhah radliallahu ‘anhu, ketika anaknya lahir, Anas bin Malik membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membawa beberapa kurma. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengunyah kurma tersebut dan meletakkannya di mulut bayi (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Beberapa adab ketika men-tahnik bayi:
a. Hendaknya menggunakan kurma. Jika tidak ada bisa menggunakan madu.
b. Kurma dikunyah kemudian diletakkan di langit-langit mulut bayi.
c. Yang men-tahnik adalah orang yang shalih di kampungnya.
d. Orang yang men-tahnik bayi, hendaknya mendoakan keberkahan untuk bayi
[5]. Memberi ucapan selamat kepada orang tua bayi
Dianjurkan bagi kerabat dekat, keluarga, tetangga untuk memberi ucapan selamat kepada orang tua bayi. Karena Allah memberi ucapan selamat kepada para nabi yang mendapatkan anak.Allah berfirman, yang artinya: “Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya..” (QS. Maryam: 7).
Diantara yang dicontohkan adalah:
بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الـمَوهُوبِ لَكَ , وَ شَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَ بَلَغَ أَشُدَّهُ , وَ رُزِقْتَ بِرَّهُ
“Semoga Allah memberkahi anak yang diberikan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Dzat Yang Memberi, dia bisa sampai dewasa, dan kamu mendapatkan ketaatan anakmu.” (Hisnul Muslim).
[6]. Menguburkan ari-ari
Tidak ada tata cara khusus ketika menguburkan ari-ari. Karena semua kebiasaan masyarakat ketika menguburkan ari-ari, semua berasal dari adat jawa. Tujuan ari-ari dikubur, agar tidak mengganggu orang lain.
[7]. Memberi nama
Dibolehkan memberi nama bayi di hari lahir, dan baru diumumkan ketika aqiqah. Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, ia mengatakan, “Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Nabi memberi nama bayiku: Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma, dan mendo’akannya dengan keberkahan. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Di Hari Ketujuh

Beberapa amalan yang disyariatkan untuk dilakukan di hari ketujuh setelah kelahiran:
[a]. Mencukur rambut bayi dan bersedekah dengan perak seberat timbangan rambut.
Dari Ali bin Abi Thalib radliallahu ‘anhu, bahwa ketika aqiqahnya Hasan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan Fatimah: “Hai Fatimah, cukur rambutnya dan sedekahlah dengan perak seberat rambutnya kepada orang miskin.” (HR. Ahmad, At Turmudzi dan dishahihkan Al Albani).
Dari Samurah bin Jundub radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Yaitu disembelihkan (kambing) untuknya di hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (HR. Abu Daud, An Nasa’i dan dishahihkan Al Albani).
Keterangan:
Dianjurkan untuk menggundul rambut bayi –sebisa mungkin– di hari ketujuh setelah kelahiran
Yang mencukur adalah orang tua bayi, Ibunya atau bapaknya. Dan tidak disyariatkan mencukur bayi bareng-bareng ketika perayaan aqiqah.
Rambut yang sudah dicukur ditimbang (boleh dikira-kira jika rambutnya terlalu sedikit) Bersedekah dengan uang seharga perak yang beratnya sama dengan rambut bayi, diserahkan kepada fakir miskin.
[b]. Memberi nama bayi dan mengumumkannya
Dari Samurah bin Jundub radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Yaitu disembelihkan (kambing) untuknya di hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (HR. Abu Daud, At Turmudzi, An Nasa’i dan dishahihkan Al Albani)
Keterangan:
Bagi yang belum memberi nama bayi di hari pertama, maka hendaknya memberi nama bayi di hari ketujuh bersama dengan aqiqahnya. Boleh memberi nama setelah hari ketujuh. Namun sebaiknya TIDAK menunda setelah aqiqah.
[c]. Aqiqah
Aqiqah untuk bayi hukumnya wajib bagi yang mampu. Bahkan Imam Ahmad menganjurkan untuk berhutang bagi yang kurang mampu. Imam Ahmad mengatakan, “Allah akan membantu melunasinya karena dia telah melestarikan sunnah.”
Diantara dalil bahwa aqiqah itu wajib bagi yang mampu adalah hadis dari Samurah bin Jundub radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya…” (HR. Abu Daud, At Turmudzi, An Nasa’i dan dishahihkan Al Albani).
Makna hadis:
Ada dua penjelasan ulama tentang makna hadis:
Pertama, syafa’at yang diberikan anak kepada orang tua tergadaikan dengan aqiqahnya. Artinya, jika anak tersebut meninggal sebelum baligh dan belum diaqiqahi maka orang tua tidak mendapatkan syafaat anaknya di hari kiamat. Ini adalah keterangan dari Imam Ahmad.
Kedua, keselamatan anak dari setiap bahaya itu tergadaikan dengan aqiqahnya. Jika diberi aqiqah maka diharapkan anak akan mendapatkan keselamatan dari mara bahaya kehidupan. Atau orang tua tidak bisa secera sempurna mendapatkan kenikmatan dari keberadaan anaknya. Keterangan Mula Ali Qori (ulama madzhab hanafi).
Ketiga, Allah jadikan aqiqah bagi bayi sebagai sarana untuk membebaskan bayi dari kekangan setan. Karena setiap bayi yang lahir akan diikuti setan dan dihalangi untuk melakukan usaha kebaikan bagi akhirat. Dengan aqiqah akan membebaskan bayi dari kekangan setan dan bala tentaranya.

Seperti Apa Domba Yang Ada di Ummul Quro?

Seperti Apa Domba Yang Ada di Ummul Quro?

Sobat Aqiqah…

Pertanyaan di atas sering ditanyakan oleh pelanggan Aqiqah Ummul Quro.
“Bu, bisa liat foto dombanya nggak?”
“Pak, kalau yang type ini dombanya seperti apa ya? Bisa liat fotonya?”
dan pertanyaan-pertanyaan semacamnya…

Kenapa kami tidak menampilkan foto-foto domba aqiqahnya?

Karena foto-foto domba terlalu subjektif untuk dinilai. Bisa saja kami tampilkan foto-foto domba yang bagus-bagus untuk menarik konsumen membeli di tempat kami. Tapi itu tidak kami lakukan.

Yang kami lakukan adalah memberi gambaran yang objektif tentang berapa perkiraan berat karkas dari domba tersebut (berat karkas adalah berat tulang dan daging saja. Tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan), dan juga berapa hasil masakan dari domba yang akan dibeli tersebut.
harga-aqiqah-ummul-quro

Apabila konsumen tetap penasaran dengan domba aqiqahnya kami sarankan untuk datang langsung ke kandang kami.
[google-map-v3 shortcodeid=”09b71391e5″ width=”100%” height=”350″ zoom=”16″ maptype=”roadmap” mapalign=”center” directionhint=”false” language=”default” poweredby=”false” maptypecontrol=”true” pancontrol=”true” zoomcontrol=”true” scalecontrol=”true” streetviewcontrol=”true” scrollwheelcontrol=”false” draggable=”true” tiltfourtyfive=”false” enablegeolocationmarker=”false” enablemarkerclustering=”false” addmarkermashup=”false” addmarkermashupbubble=”false” addmarkerlist=”-6.970321, 107.672606{}2-default.png{}Kandang Aqiqah Ummul Quro – Jl. Ranca Oray Sebelum Komplek Griya Bandung Indah” bubbleautopan=”true” distanceunits=”miles” showbike=”false” showtraffic=”false” showpanoramio=”false”]

Mudah-mudahan dengan pelayanan seperti ini akan terus meningkatkan kepercayaan konsumen kepada Aqiqah Ummul Quro sehingga menjadikan kami Layanan Aqiqah Terpercaya…

Penampilan Baru Website

Penampilan Baru Website

Assalamu’alaikum wr wb…
Sobat Aqiqah, Alhamdulillah.. www.aqiqah-ummulquro.com kini tampil dengan wajah baru… lebih dinamis dan responsive insya Allah..
Mudah-mudahan dengan penampilan baru kami ini lebih memudahkan pelanggan untuk menikmati jasa layanan aqiqah kami…
Ayo.. Ayo.. Mau Aqiqah di Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Sumedang, dsk ke Aqiqah Ummul Quro aja… Jasa dan Layanan Jual Beli Aqiqah Terpercaya…
Berikut beberapa testimoni dari pelanggan kami…

Pemesanan melalui website tanggal 11 mei 2012 untuk pengiriman tanggal 13 Mei 2012 yang kami pesan langsung di komfirmasi melalui telpon dan pada hari pengiriman diterima tepat waktu. Seminggu sebelumnya kami pesan ke tempat lain namun hasilnya tidak dapat dikirim. Was-was kalau acara kami akan batal. Alhamdulillah “Ummul Quro” memberikan pelayanan terbaik dan tercepat. Terima kasih ====REKOMENDASI PELAYANAN TERBAIK DAN TERCEPAT====
Iwa KartiwaPemesan, Ujung Berung Bandung
Whatsapp
Telpon